Resep Anak Kos Part 1 ~ Asam Manis Campur-campur

Beberapa minggu terakhir, muncul hobi baru di sela-sela kesibukan TA yang tak kunjung selesai. Memasak. Bermula dari keinginan kuat untuk menghemat uang makan dan kemampuan memasak yang sangat minim, akhirnya saya memutuskan untuk mulai belajar memasak πŸ˜€

Hambatan terbesar anak kos untuk memasak biasanya karenaΒ  waktu luang yang sedikit untuk memasak dan peralatan memasak yang minim di kos. Akhirnya belajar memasak pun dimulai dengan bertanya pada mbah gugle :p. Saya mencari beberapa resep sederhana dan akhirnya menemukan satu resep yang -sepertinya- bisa saya terapkan di kos dengan peralatan seadanya. Resep asli sebenarnya membutuhkan lebih banyak bahan, tapi di resep ini saya hanya menggunakan bahan-bahan yang sekiranya selalu ada di kos. Agak-agak diimprove gitu ceritanya :p

Asem manis

Asam manis buatan saya πŸ˜€

Untuk 2 porsi

Bahan:

  • 2 butir telur
  • 2 buah sosis. Potong sesuai selera
  • 2 buah wortel ukuran sedang. Potong bentuk korek api
  • 1 sdt garam
  • 1 sdtgula
  • 3 siung bawang putih. Iris tipis
  • 4 siung bawang merah. Iris tipis
  • 1/4 buah bawang bombay. Iris bentuk korek api
  • 2 sdm saos tomat, bisa ditambah saos sambal apabila suka pedas
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 gelas air
  • 2 sdm margarin

Cara memasak:

  • Telur didadar sampai setengah matang, jangan terlalu kering menggorengnya (bisa ditambahkan garam dan daun bawang cincang sesuai selera)
  • Angkat dan sisihkan telur
  • Potong-potong telur sesuai selera (biasanya saya potong suwir)
  • Panaskan margarin dan tumis bawang merah, bawang putih, bawang bombay sampai harum
  • Masukkan wortel, sosis. Tumis sampai wortel agak layu
  • Masukkan garam, gula, saos, kecap kemudian aduk sampai rata
  • Masukkan telur dadar dan aduk kembali
  • Tambahkan air
  • Masak sebentar hingga bumbu meresap dan kuah agak berkurang
  • Angkat dan nikmati dengan nasi hangat

Selamat mencoba ^_^

Tagged: ,

Comments: 8

  1. rumus cepat matematika 2010/06/28 at 6:17 PM Reply

    mantap infonya,,,makasih banyak,,,salam hangat..

  2. caktho 2010/07/01 at 8:19 AM Reply

    enakan masakanku :-“

    • indikablog 2010/07/01 at 4:19 PM Reply

      Moso cak?
      boleh dicobain tuh (hungry)

  3. inung gunarba 2010/07/06 at 3:39 PM Reply

    warna masakannya spesialbikinmupeng qe3 merah tua sosis ama oranye-nya wortel segar =D

    Salam (ex) anak kos *_*

    • indikablog 2010/07/08 at 3:33 PM Reply

      ga cuman warna masakannya tuh yang bikin mupeng, rasanya juga bikin mupeng πŸ˜€
      salam anak kos (bentar lagi juga pensiun jadi anak kos)

  4. setetestinta 2010/08/10 at 12:04 PM Reply

    gimana tuh rasanya? πŸ™‚

    • indikablog 2010/08/13 at 1:05 PM Reply

      kata tester pertama saya sih enak.. :p
      coba bikin sendiri aja..

  5. aryu 2011/03/02 at 2:33 PM Reply

    Waaaa…. .dengan bahan minimalis bisa jadi masakan enak ya Pit.. kalo aku juga pernah buat hampir sama kaya gtu, tp bahanya wortel, buncis, ma telur orak arik.. πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.